[Diari Jonru #08] Inilah Awal Kisah Seorang “Manusia Online”


jonru_uninet

Foto kenangan bersama teman-teman sekantor, saat saya – paling kiri – masih bekerja sebagai content editor di Uninet Internet, tahun 2000-2001.

Bagian ini pun masih bercerita tentang kegiatan-kegiatan saya selama “mati” suri sebagai penulis selama 8 tahun.

Jika saat ini banyak orang mengenal saya sebagai “manusia online” karena memang terkenal lewat aktivitas-aktivitas saya di internet, maka yang saya ceritakan di bagian ini merupakan CIKAL BAKALnya. Ya, inilah awal dari keterlibatan saya sebagai MANUSIA DUNIA MAYA.

Lima: Diterima Bekerja di Perusahaan Internet

Sejak lulus kuliah dan mengenal internet, saya rajin menulis iklan “cari kerja” di sejumlah website iklan baris gratis. Karena sudah bisa desain web, saya membangun website pribadi (saat itu belum ada blog) di Geocities.com. Dan setiap kali melamar pekerjaan via email, saya selalu mencantumkan alamat website tersebut sebagai portofolio.

Bulan Februari 2000, saya memasang iklan “mencari pekerjaan di bidang penulisan” di Iklanbaris.co.id (memang, saya hanya mau bekerja di bidang penulisan, merasa tak cocok dan tak mampu bekerja di bidang lain). Beberapa jam kemudian, seorang manajer dari PT Uninet Media Sakti mengirimi saya email, mengabarkan bahwa di perusahaan mereka terdapat lowongan staf Content Editor. Saya dipersilahkan melamar.

Saya pun melamar dan akhirnya diterima bekerja di perusahaan yang salah seorang pemiliknya adalah Teuku Rafly (mantan suami Tamara Blezinsky). Uninet adalah sebuah perusahaan Internet Service provider alias lumbungnya internet. Tugas saya adalah mengelola konten website mereka. Sebuah pekerjaan yang membosankan, karena sebagian besar aktivitas saya hanya mengcopy paste berita dari website lain.

Selama setahun bekerja di sana, saya mengalami kebosanan yang luar biasa. Untungnya, saat itu saya aktif berdiskusi di Ekilat.com, dan itulah salah satu hiburan terbesar saya ketika itu, untuk mengusir rasa bosan.

Bekerja di perusahaan internet menyebabkan saya bebas online selama jam kerja. Bahkan pada enam bulan pertama bekerja, saya masih numpang tinggal di rumah saudara yang di depannya ada warnet. Jadi sepulang kerja, saya bisa online gratis di situ. Jadi hampir sehari penuh saya online di dunia maya.

Kebebasan akses internet 24 jam nonstop itu pun saya manfaatkan untuk hal-hal positif. Selain berdiskusi di Ekilat, saya juga makin memperdalam keahlian desain web, juga mengelola PenulisLepas.com dan Ajangkita.com (sekarang keduanya sudah tiada), dan berdiskusi di sejumlah mailing list (saat itu Facebook, Twitter, bahkan blog belum ada). Intinya, saya sangat eksis di dunia maya, dan sudah cukup banyak orang yang mengenal saya ketika itu.

* * *

Kebosanan bekerja di Uninet membuat saya pun mencari pekerjaan lain. Saya pun kembali memasang iklan “mencari kerja di bidang penulisan” di Iklanbaris.co.id.

Anehnya, setelah itu kejadian setahun lalu pun seperti terulang lagi: Seorang manajer dari CBN Internet mengirimi saya email, mengabarkan bahwa ada lowongan content editor di perusahaan mereka, dan saya dipersilahkan melamar.

Saya pun melamar, dan akhirnya diterima di perusahaan tersebut, yang masih bergerak di bidang internet service provider. Namun CBN Ketika itu adalah perusahaan internet yang paling besar di Indonesia.

Sungguh ajaib! Saya diterima bekerja di dua perusahaan dengan cara yang persis sama: Pasang iklannya di iklanbaris.co.id, lalu setelah itu dikirim email oleh manajernya, lalu saya melamar, lalu diterima bekerja dengan jabatan dan jenis perusahaan yang sama. Benar-benar ajaib, bukan?

jonru_cbn

Inilah beberapa foto kenangan ketika saya masih bekerja di CBN Internet, tahun 2001 hingga Maret 2007.

Di CBN, saya awalnya betah karena suasana kerja di sana sangat menyenangkan. Saya pun keterusan mengabdi di sana selama enam tahun.

Namun lama-kelamaan, saya mulai bosan juga. Terlebih karena ketika itu nama saya di “luar sana” sudah mulai eksis. Saya mulai dikenal sebagai penulis yang rajin berdiskusi dan berbagi di mailing list, dan belakangan di blog.

Bahkan secara tak terduga, tahun 2006 saya diundang menjadi pembicara Pelatihan Penulisan Artikel Populer Moneter dan Perbankan, Bank Indonesia (Direktorat Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat), di Bandung. Honor saya ketika itu hampir sama dengan gaji sebulan di CBN.

Saya sudah cukup dikenal dan eksis di dunia luar, namun di CBN saya menjadi karyawan biasa yang nyaris kurang dihargai eksistensinya. Sejak 2001 hingga resign tahun 2007, jabatan saya tak pernah berubah, hanya jadi staf biasa yang pekerjaan utamanya hanya copy paste berita dari media lain (yang telah menjalin kerjasama dengan Portal CBN). Sebuah pekerjaan yang sangat membosankan! Saya punya banyak keahlian menulis, dan merasa bahwa pekerjaan seperti itu sangat sepele dan remeh-temeh.

Itulah salah satu hal yang membuat saya makin bosan bekerja, selain karena pada dasarnya saya memang tak cocok jadi karyawan.

Untungnya, saya punya banyak kegiatan menyenangkan di dunia online. Dan itulah yang berhasil membunuh rasa bosan saya selama tujuh tahun menjadi karyawan. Kegiatan-kegiatan di dunia online itu pulalah yang akhirnya membuat saya hingga hari ini menjadi manusia yang hidup beraktivitas, berkarir dan mencair rezeki dari internet.

Ya, saya telah menjadi “manusia online” sejak tahun 2000, hingga hari ini.

Bersambung >>

Iklan

7 responses to “[Diari Jonru #08] Inilah Awal Kisah Seorang “Manusia Online”

  1. Geocities satu-satunya free hosting Yahoo yang powerfull era 200-2002.

    Suka

  2. Keren istilah “manusia online” nya.

    Suka

  3. pernah coba OS opensource bang ?
    lumayan bisa menulis review tentang distro2 dan aplikasi2nya

    Suka

  4. Siiip. Sekarang setelah punya penerbitan, kenapa nggak bikin majalah yang berisi cerpen/tulisan seperti Anita Cemerlang dulu? Hehehe.

    Suka

  5. Ping-balik: Inilah Diari Jonru Selengkapnya! | Jonru Ginting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s