Akun Facebook/Twitter Jokowi dan Misteri Saweran Dana Kampanye Pilpres 2014


jokowi_twitter_facebook

Rasanya, tak ada hari tanpa berita menarik seputar Jokowi. Dan hari ini, beritanya bukan hanya menarik, tapi juga mengejutkan plus bikin tercengang bin terheran-heran.

“Presiden Jokowi tidak punya akun Twitter dan Facebook,” ujar Seskab Andi Widjajanto.

Sebuah pernyataan yang sangat mengejutkan dan langsung bikin heboh dunia maya. Sebab selama ini seluruh rakyat Indonesia percaya bahwa @jokowi_do2 adalah akun asli Jokowi. Bahkan sudah ada centang biru pertanda VERIFIED ACCOUNT dari Twitter. Bahkan di Facebook pun, ada satu akun atas nama Joko Widodo yang juga mendapat tanda centang biru.

Jika benar bahwa Jokowi tidak punya akun Facebook atau Twitter, berarti kita selama ini tertipu, dong?

Bahkan media massa pun tertipu, karena mereka seringkali mengutip status/tweet dari akun-akun Jokowi tersebut, karena mereka percaya bahwa itu adalah ucapan asli dari Jokowi.

Bahkan Facebook dan Twitter pun tertipu, karena mereka telah memberikan tanda centang biru atau verified account untuk akun-akun tersebut.

* * *

Dan di tengah meriahnya isu soal akun Facebook dan Twitter Jokowi tersebut, tiba-tiba beredar pula sejumlah ARSIP berita masa lalu yang justru membuktikan bahwa Jokowi punya akun Twitter dan Facebook. Salah satu contohnya adalah video yang ini. Silahkan simak menit ke 35:30 di mana Jokowi berkata:

“dan kalo ada waktu silahkan berkunjung ke Solo
saya juga perlu promosi kan untuk kota
datang ke solo kalo kesana silahkan telfon saya
kalo ga telfon mau nge twitt juga bisa, mau facebookan juga bisa dengan saya
saya handle sendiri jangan mikir yg handle orang lain , ndak saya handle sendiri semuanya
tapi ya tidak, kadang dua hari ga saya buka”

Lantas ada arsip berita tahun 2013 yang juga membuktikan bahwa Jokowi punya akun socmed:

Pak Jokowi, “Follow” Akun Twitter SBY Enggak?
Jokowi Enggan Follow Akun Twitter SBY

Sungguh mengherankan: Arsip berita masa lalu kok bisa BERTENTANGAN dengan pernyataan Seskab? Siapa yang benar dan siapa yang berbohong

jokowi_twitter_facebook2

Kalaupun ada salah seorang di antara mereka yang berbohong, BUAT APA? Dalam rangka apa? Apa tujuannya? Apakah ada konspirasi atau intrik politik tertentu di balik keanehan ini?

Menurut saya, saat ini tidaklah terlalu penting untuk mengetahui apakah Jokowi punya akun Twitter/Facebook atau tidak. Yang penting untuk kita cermati adalah soal pernyataan Seskab yang sangat bertolak belakang dengan arsip-arsip berita di masa lalu.

Ada apakah di balik semua ini?

* * *

Dan yang PALING MENARIK sekaligus PALING PENTING di dalam isu “akun Jokowi” ini adalah sebuah fakta tentang penggalangan dana kampanye pada era Pilpres 2014 lalu. Seperti kita ketahui bersama, saat itu para pendukung Jokowi rame-rame mengumpulkan uang (saweran) untuk membiayai kampanye Capres-Cawapres nomor urut 2.

Sungguh menarik, karena di akun @jokowi_do2 ternyata pernah diumumkan nomor rekening dan info penggalangan biaya kampanye Jokowi-JK. Coba simak beritanya di sini. Arsip tweetnya bisa dibaca di sini.

jokowi_twitter_facebook3

NB: Yang membuat saya heran, kok nomor rekeningnya atas nama “Joko Widodo-Jusuf Kalla”. Sungguh aneh, kok nama rekening bank kok atas nama dua orang seperti itu? Emang boleh seperti itu? Kita sepertinya harus melakukan konfirmasi ke pihak bank 🙂

Dan soal tweet saweran tersebut:
Jika memang akun tersebut tidak asli, lantas kok bisa ada info penggalangan dana Jokowi-JK di sana?

Karena ini soal sumbangan masyarakat yang sangat sensitif untuk dibicarakan, tentu kita tak dapat menghindari adanya berbagai macam prasangka mengenai penggunaan dana tersebut. Mungkinkah ada pencatutan, penyalahgunaan, penipuan, penyelewengan, dan seterusnya?

Kita sama sekali tidak tahu jawabannya. Semuanya terkesan seperti misteri, karena sampai hari ini belum ada laporan apapun dari tim sukses Jokowi-JK mengenai penggunaan dana saweran dari masyarakat tersebut.

Sama seperti akun Twitter dan Facebook Jokowi yang tiba-tiba menjadi sangat misterius, membuat kita makin bingung. (*)

Iklan

13 responses to “Akun Facebook/Twitter Jokowi dan Misteri Saweran Dana Kampanye Pilpres 2014

  1. Untuk rekening tabungan bisa sih pake atas nama 2 orang. Biasanya hal ini berkaitan dengan dana umum bang. Misalnya dana BOS yang tanda tangan mesti kepala sekolah dan bendahara.
    Cuma itu kan nama lembaga, gak tahu deh klo 2 orang seperti Joko dan JK dicatut jadi atas nama rekening. 😀

    Suka

  2. Klo mslh rekening bank dgn nama dua orang itu bisa banget. Itu namanya joint account. Sy kerja di bank. Hehe.

    Suka

    • Ga bisa kalo format namanya seperti itu pak, yg bisa itu pake “or” atau “and”. Saya jg kerja di bank kok. Betul kata pak jonru, nama di rekening itu ngawur.

      Suka

  3. Berarti facebook dan twitter kena tipu dong om?
    Dewa!!

    Suka

  4. Sepandai~pandainya menyimpan Bangke, suatu hari akan tercium juga kq, dan sepandai~pandainya Topeng Monyet Beratraksi, suatu hari pun pasti tertangkap Satpol PP juga lho. 😀

    Kl pitutur Orang Belanda dulu berkata, Becik Ketitik Olo Ketoro, Sopo Nandur Bakal Ngunduh, Nandur becik yo Thukule Becik, Nandur Olo yo Thukule Olo t0w.. 😀

    Meskipun terkesan Lambat, Kebenaran akan Menemui Jalannya Sendiri, dan itu pasti,, 😀

    Percayalah.!

    Suka

  5. kalau nomor akun bank bisa berdua, saya punya BCA, memakai “atau” dan “dan”, brrti emang bohong ya, patent tuh bohongnya

    Suka

  6. yang jelas satu kebohongan dilakukan maka akan ada kebohongan lain untuk menutupi kebohongan yang lain

    Suka

  7. Apa itu tanda jkw sudah tidak bisa mengendalikan para relawan atau sebaliknya para relawan yang sudah jenuh dengan profesinya…..?

    Suka

  8. wkwkwk pembohongan publik, wong deso kok punya akun fb n twitter maaf gk bermksud menyinggung yg lainnya 😀

    Suka

  9. wah wah wah, berarti akun palsu ya? ckckck..

    Suka

  10. xixixixixi… bohong lagi… bohong lagi.. .. ah…ah..ah… 😀

    Suka

  11. hanya menambahkan saja, dari yg saya tahu (tidak bermaksud membenarkan pihak manapun):
    1. Dari screen shot, terlihat bahwa Jokowi berkata tidak memfollow akun siapapun. Tidak ada klarifikasi bahwa twitternya adalah @jokowi_do2

    2. https://support.twitter.com/articles/119135-faqs-about-verified-accounts Di twitter ditulis bahwa syarat verifikasi: using Twitter in a meaningful way (menggunakan dg baik/bermakna), highly sought users in music, acting, fashion, government, politics, religion, journalism, media, sports, business, and other key interest areas (yang banyak dicari user lain dlm beberapa area). Dan yg perlu dicatat: We do not accept requests for verification from the general public. (Tidak menerima permintaan verifikasi). Jadi poinnya di sini adalah pengguna twitter manapun tidak bisa meminta verifikasi. Selama akunnya menggunakan nama selebriti, dkk, tweet bermakna, dicari banyak orang, dan memenuhi syarat lain, Twitter akan memverifikasinya.

    3. https://www.facebook.com/help/contact/356341591197702 Verifikasi untuk Facebook. Syarat untuk merequest: lampiran SIM, pasport, akta lahir, atau artikel perusahaan. Ini adalah form request verified badge update terbaru. Poinnya, bahkan Anda dapat memverifikasi FB Anda jika memenuhi syarat dan melampirkan bukti ID Anda.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s