Inilah Cara Menghilangkan Status Facebook yang Kurang Berkenan dari Beranda Kita


Cara Menghilangkan Status Facebook yang Kurang Berkenan dari Beranda Kita

Selama ini, kita mungkin tidak sadar bahwa ada sejumlah RAHASIA pada beranda (news feed) Facebook yang belum kita ketahui. Padahal jika mengetahuinya, maka insya Allah kita akan lebih nyaman, tenteram dan bahagia dalam berfesbuk ria.

Salah satu di antara rahasia tersebut adalah:
Kita sebenarnya bisa menyaring agar yang muncul di beranda kita hanya status-status yang kita sukai saja, atau hanya dari orang-orang yang kita sukai.

Adapun status orang-orang yang menjengkelkan, yang isinya tidak kita setujui, dan sebagainya, biasanya kita langsung meng-unfriend bahkan memblokir si pemilik akun. Padahal sebenarnya, kita bisa menghilangkan status-status mereka dari beranda kita, tanpa harus unfriend atau blokir. Mereka tetap ada di friend list kita, sehingga mereka tidak tersinggung atau marah, “Kok kamu meng-unfriend aku sih? Udah gak mau temenan ya, sama aku?”

Merka tetap ada di friend list kita, namun status-status mereka tidak muncul di beranda kita. Bagaimana caranya?

Begini Teman:
Sebenarnya Facebook punya satu fitur yang sama dengan Twitter atau Instagram, yakni Follow dan Unfollow. Kedua fitur ini tentu berbeda dengan friend list di di Facebook.

Untuk friend list, kita harus minta izin dulu, dan menunggu persetujuan seseorang agar kita berdua menjadi friend list. Sedangkan pada follow, kita tak perlu minta izin. Langsung follow saja. Selesai perkara.

Jadi singkat cerita, semua status yang muncul di beranda kita sebenarnya berasal dari akun-akun yang sudah kita follow. Jika Anda meng-add saya lalu saya  setujui, maka kita berdua masuk ke friend list masing-masing. Dan otomatis kita berdua saling follow.

Jadi, urusan follow-memfollow di Facebook biasanya terjadi secara otomatis. Itulah sebabnya, banyak orang yang belum paham bahwa ternyata di Facebook pun ada fitur Follow. Bukan hanya di Twitter dan Instagram 🙂

Bahkan, kita bisa memfollow orang-orang yang tidak masuk di friend list kita. Misalnya nih, ada orang yang friend listnya sudah penuh sehingga tak bisa lagi di-add. Sebagai alternatif, kita cukup memfollow-nya saja.

Nah, karena yang muncul di beranda kita adalah status dari akun-akun yang kita follow, maka cara menghilangkan status orang tertentu dari beranda kita adalah dengan meng-UNFOLLOW-nya.

Tak perlu unfriend, apalagi blokir. Cukup unfollow saja.

Bahkan berita baiknya: Si Teman tersebut TIDAK TAHU bahwa kita meng-unfollow-nya, sehingga insya Allah tak akan ada yang tersinggung, sakit hati, kecewa, dan sebagainya.

Berikut adalah dua cara untuk melakukan unfollow:

Cara I:

Karena istilah pada menu-menu Facebook itu berbeda untuk masing-masing perangkat, belum lagi soal perbedaan bahasa, maka tentu yang muncul di layar gadget/laptop Anda bisa berbeda-beda. Karena itu, untuk gampangnya, saya tunjukkan konsep dasarnya saja.

Pada prinsipnya, cara pertama ini dilakukan ketika Anda melihat status seseorang (yang tidak Anda sukai) muncul di beranda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengklik atau mengetuk tanda-panah-ke-bawah di pojok kanan atas. Silahkan lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

(Isi status dan nama pemilik akun sengaja saya samarkan, agar kita tidak salah fokus. Saya men-screenshot status ini secara acak saja. Tak ada maksud atau tendensi tertentu. Ini hanya contoh, ya)

status_beranda_facebook_01

Setelah mengklik atau mengetuk pada tanda-panah-ke-bawah tersebut, biasanya akan muncul beberapa menu pilihan. Berikut adalah contoh tampilannya pada laptop.

status_beranda_facebook_02

Setelah menu-menunya terlihat, klik saja “Unfollow ….” (yang titik-titik adalah nama akunnya).

Pada perangkat tertentu, mungkin istilah yang muncul tidak sama. Ada yang pakai istilah “berhenti langganan”, “berhenti ikuti”, dan sebagainya. Namun intinya sama saja.

Setelah memilih opsi tersebut, biasanya akan muncul pertanyaan konfirmasi, apakah Anda hendak meng-unfollow. Tekan saja Yes atau OK.

Maka, Anda sudah meng-unfollow orang tersebut. Status-statusnya tidak akan muncul lagi di beranda Anda.

Cara II:

Silahkan masuk ke halaman profil orang tersebut.

status_beranda_facebook_03

Kliklah tanda-panah-ke-bawah pada tombol Following. Setelah itu, akan muncul beberapa menu. Pilih “Unfollow ….” (titik-titik adalah nama si pemilik akun).

Setelah memilih opsi tersebut, biasanya akan muncul pertanyaan konfirmasi, apakah Anda hendak meng-unfollow. Tekan saja Yes atau OK.

* * *

Nah, ternyata kita bisa menghilangkan status orang-orang tertentu dari beranda Facebook kita, tanpa harus unfriend atau blokir, bukan? Sangat gampang dan menyenangkan. Bebas dari sakit hati.

Semoga bermanfaat!

Jonru
Follow me:
Twitter: @jonru
Instagram: @jonruginting

Iklan

18 responses to “Inilah Cara Menghilangkan Status Facebook yang Kurang Berkenan dari Beranda Kita

  1. Kalau untuk menghilangkan status teman yang suka menyebarkan gambar tidak pantas gimana Pak Jonru? Seperti tautan PIN BBM Cewek Cantik. Soalnya sering banget muncul diberanda, takutnya kalau dilihat orang lain, Padahal kita tidak pernak klik status itu

    Suka

  2. Kalau untuk HALAMAN gk bisa ya?

    Suka

  3. bapak mohon tanya cara bikin iklan berbayar yang ada tulisan bersponsor di bbm gimana ya caranya pa

    Suka

  4. bang jonru, yang susah itu kalau ada yang share autopost kebanyakan video porno, dan akunnya sebenarnya ga tau kalau itu post dia

    Suka

  5. thanks mas. sangat bermanfaat

    Suka

  6. Ping-balik: Cara Jitu Menghadapi Akun-akun Haters di Facebook | Jonru Ginting

  7. om jangan takut ancaman ya…. perjuangkan islma terus
    katakanlah yg benar

    Suka

  8. pak jonru kapan share status yg fenomenal lg
    sy tunggu terus d fb nya
    biar rame

    Suka

  9. mau nanya, kalau saya unfoll teman di fb, saya tidak akan liat status2 dari dia lagi kan? tapi apakah dia masih bisa liat status fb saya? karena saya unfoll orang, dan orang2 itu seakan akan ngga bisa liat saya lagi karena mereka ngga kasih likes lagi atau bereaksi trhadap post saya lagi.

    thanks before 🙂

    Suka

    • unfollow itu tidak mengubah apapun, kecuali kita tidak bisa lagi melihat status2nya di beranda, itu saja. Selebihnya tak ada yang berubah. Masih bisa saling stalking profil, saling like, comment, share, nginbox, dst.

      Suka

  10. Kalo kita sdh unfollow fb teman apakah dia msh bisa liat status kita

    Suka

  11. bagaimana cara menghapus status yang orang lain kirim dan NgeTag Kita?

    Suka

  12. Klo lewat hp saya ingin menghapus status teman saya caranya gimna?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s