Cara Jitu Menghadapi Akun-akun Haters di Facebook


menghadapi_hater_fb_03

Anda mungkin sering menemukan fan page di Facebook yang isinya menyebarluaskan kebencian dan permusuhan. Anda tidak menyukainya, jengkel dan marah saat membacanya.

Lantas, Anda pun melampiaskan kejengkelan dengan cara berkomentar pada status-status mereka. Anda bahkan me-like fan page-nya, juga me-like status-status mereka, dengan niat agar Anda bisa terus memantau status-status mereka yang berisi permusuhan dan kebencian.

Bahkan, Anda sering men-share status-status mereka di akun Facebook Anda, dan diberi komentar, “Teman-teman, ini lho… fan page yang isinya sangat tidak pantas. Ayo kita boikot rame-rame!”

Hm…
Maaf beribu maaf, sorry to say, jika saya harus berkata, “Yang Anda lakukan itu SANGATLAH KONYOL. Di satu sisi Anda jengkel dan benci pada mereka. Namun di sisi lain, TANPA SADAR Anda telah membantu mempromosikan mereka.”

Kok bisa?
Begini, saya jelaskan:

Silahkan lihat gambar berikut agar lebih paham (klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya).

menghadapi_hater_fb_01

Intinya:
Setiap kali kita me-like, mengomentari atau men-share status tertentu di Facebook, maka di beranda (news feed) TEMAN-TEMAN KITA akan muncul pemberitahuan, “Si A mengomentari status ini…” dan seterusnya.

Katakanlah si B mengomentari status si A. Lantas teman si B bernama C yang awalnya tidak kenal A, kini jadi kenal karena sebuah pemberitahuan muncul di berandanya.

Lalu si C ikut berkomentar, sehingga temannya si D ikut tahu. Lalu si D ikut berkomentar, sehingga temannya si E jadi tahu, lalu dia pun ikut berkomentar. Demikian seterusnya.

Coba bayangkan bila B bukan hanya satu orang, tapi 100 orang. Bayangkan bila C jumlahnya 1.000 orang, D berjumlah 4.000 orang, E berjumlah 6.000 orang, dan seterusnya. Dapat Anda bayangkan bagaimana sebuah status bisa menyebar ke mana-mana, dibaca oleh jutaan orang, padahal status tersebut diposting di akun A yang friend list-nya hanya 50 orang?

Itulah yang disebut EFEK VIRAL. Dan semua efek viral berawal dari like, comment & share.

Jadi ketika Anda berkomentar, me-like atau men-share status-status fan page yang Anda benci, sebenarnya TANPA SADAR Anda telah membantu mempromosikan mereka, Anda telah membantu menciptakan efek viral, sehingga fan page tersebut makin terkenal.

Anda ingin fan page tersebut ditutup, Anda benci pada mereka. Tapi Anda justru membantu agar semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan mereka, dan membaca status-status mereka. Inilah yang disebut TINDAKAN KONYOL.

“Iya sih. Tapi saya jengkel pada status-status mereka yang berisi permusuhan dan kebencian. Saya ingin melampiaskan rasa benci dengan cara menceramahi adminnya. Saya men-share status-status mereka, agar teman-teman saya tahu keberadaan mereka.”

Ya, saya paham bahwa Anda sangat jengkel dan benci pada mereka. Namun jika Anda men-share, me-like dan mengomentari, itu artinya Anda telah menjadi STAF MARKETING GRATIS bagi mereka. Sebab:

(1) Fan page mereka akan semakin terkenal, karena tindakan Anda telah mengakibatkan status-status mereka muncul di beranda banyak orang.

(2) Ketika Anda men-share status-status fan page tersebut, jangan berharap semua teman Anda setuju dengan pendapat Anda. Siapa tahu ada di antara mereka yang justru suka fan page tersebut, lalu menjadi pendukungnya.

menghadapi_hater_fb_02

Ini adalah fan page Anti Islam, yang bikin heboh di Facebook beberapa waktu lalu. Banyak umat Islam yang jengkel dan marah melihat fan page ini, lalu mereka men-share, me-like dan mengomentari di sana. Mereka tidak sadar bahwa tindakan seperti itu telah membantu mempromosikan dan membuat fan page ini makin terkenal.

Kejadian seperti itu SANGAT SERING terjadi.

Di fan page Jonru, banyak orang yang akhirnya me-like, bahkan menjadi pendukung setia saya, karena berawal dari share teman-teman mereka yang menjelek-jelekkan saya (mereka penasaran, masuk ke fan page Jonru, membaca-baca isinya, lalu berkesimpulan, “Siapa bilang isinya menjelek-jelekkan? Bagus, kok.”)

Jadi orang-orang yang membenci saya, yang menuduh saya tukang fitnah atau penghasut dan sebagainya, tanpa sadar mereka selama ini menjadi staf marketing gratisan bagi saya.

Hm, saya tidak pernah menduga dan mengharapkan keberadaan/kehadiran mereka. Namun mereka datang sendiri, bikin ribut sendiri, dan tanpa sadar mereka membuat fan page Jonru makin terkenal. Alhamdulillah 🙂

(3) Secara psikologis, si admin akan semakin senang bila banyak yang merespon. Maka dia akan semakin bersemangat untuk update status. Jadi, komentar-komentar Anda, walau isinya caci-maki atau hujatan, itu bagi mereka seperti bensin yang menyalakan api semangat mereka untuk terus update status. Anda tanpa sadar telah menjadi MOTIVATOR mereka.

Emangnya Anda mau, jadi motivator bagi si haters? Tidak, bukan?

* * *

Jadi, BERHENTILAH BERBUAT KONYOL. Jika Anda tidak suka pada fan page tertentu, maka cara terbaik adalah:

1. Abaikan. Cuekin aja. Dengan mengabaikan mereka, maka si admin akan kesepian, tak ada yang menanggapi. Sehingga lama-kelamaan dia bosan dan kehilangan semangat untuk update status.

cara menghadapi haters facebook

2. Dengan mengabaikan, maka Anda juga telah berperan dalam mengurangi bahkan menghilangkan efek viral dari status-statu mereka.

3. Jika ingin menyebarluaskan alamat fan page tersebut kepada teman-teman Anda, gunakanlah jalur pribadi atau media yang “tertutup”. Misalnya inbox di Facebook, group Whatsapp, dan seterusnya.

4. Ajak teman-teman Anda (lewat jalur pribadi) untuk melaporkan fan page tersebut ke Facebook. Alhamdulillah, selama ini sudah banyak kok, fan page yang akhirnya ditutup oleh Facebook karena dilaporkan rame-rame.

Tentang cara melaporkan ke Facebook, coba cari saja di Google. Atau silahkan baca salah satu artikel yang membahas hal tersebut, yakni artikel ini << Klik saja.

5. Jika Anda tidak ingin status-status mereka muncul di beranda Anda, coba lakukan unfollow atau hide. Tatacaranya bisa dibaca di sini.

* * *

NB: Bagi Anda yang tidak suka pada fan page Jonru, saran saya lebih baik ikuti lima kiat di atas. Jika Anda tetap mantengin fan page Jonru,  bahkan Anda masih terus me-like, mengomentari bahkan men-share, maka saya ucapkan terima kasih. Anda telah menjadi staf marketing gratisan bagi saya.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu!

Jonru
Follow me:
Twitter: @jonru
Instagram: @jonruginting

Iklan

3 responses to “Cara Jitu Menghadapi Akun-akun Haters di Facebook

  1. bang tolong bantu agar grup fb “Syareat Hakekat” segera ditutup.. ini linknya https://web.facebook.com/groups/1654508238113262/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s