Inilah Rasanya Menjadi Blogger di Era Socmed


hari_blogger_nasional

Kenangan dari Pesta Blogger 2007

Dulu sekali, jauh sebelum adanya Facebook dan Twitter, Roy Suryo pernah berkata bahwa blog hanya tren sesaat. Ketika itu, blog memang sedang rame-ramenya, hampir semua netter punya blog. Kalau tidak ngeblog, rasanya kok kuran keren, gitu.

Maka, Roy Suryo pun langsung dibully dan dihujat karena pernyataannya itu. Hampir semua orang tidak percaya bahwa blog hanya tren sesaat. Apalagi karena pernyataan itu diucapkan oleh Roy Suryo, seorang tokoh yang selalu mengundang kontroversi, dan citranya negatif di mata masyarakat.

Namun waktu membuktikan bahwa ucapan Roy Suryo ternyata benar. Saat ini, khususnya setelah era Facebook dan Twitter, banyak blogger yang bertumbangan, total berhenti ngeblog.

Tragisnya, salah seorang yang berhenti ngeblog adalah Priyadi. Padahal dulu dia dikenal sebagai blogger nomor satu di Indonesia. Bahkan dia termasuk orang yang paling gencar mengkritik Roy Suryo sehubungan dengan pernyataan “blog hanya tren sesaat.”

Dari kejadian ini kita belajar, bahwa orang yang selama ini dipandang negatif, ternyata bisa mengeluarkan pernyataan yang belakangan terbukti benar.

* * *

Saya sendiri mulai ngeblog sejak tahun 2005. Awalnya aktif di Multiply (yang sekarang sudah tiada), lalu merambah ke BlogDetik, Kompasiana, dan belakangan bikin blog domain sendiri di Jonru.net.

Blog Jonru.net dulu sempat rame, pengunjungnya sangat banyak. Bahkan blog tersebut sempat menjadi Juara Tahunan Internet Sehat Blog Award 2009. Alhamdulillah…

jonru_internetsehat2009

Kenangan ketika blog saya Jonru.net mendapat anugerah Juara Tahunan atau Super Blog pada Internet Sehat Blog Award 2009

jonru_internetsehat2009a

Kenangan ketika blog saya Jonru.net mendapat anugerah Juara Tahunan atau Super Blog pada Internet Sehat Blog Award 2009

Namun karena diserang oleh haters, maka blog ini tumbang. Kini saya ngeblog di Jonru.com.

Banyak teman yang bertanya, “Kenapa Jonru.com dihosting di blog wordpres gratisan?”

Hm, begini saya jelaskan:
Saya pakai blog gratisan, karena insya Allah terbukti aman dari serangan haters. Kalau pakai hosting sendiri, urusan keamaannya perlu ekstra dijaga ketat, dan saya belum punya sumber daya untuk mengurus semua itu.

Dan harus diakui, bahwa saat ini semangat saya dalam mengeblog cukup angin-anginan. Kadang-kadang rajin, kadang-kadang malas, sehingga tidak update tulisan selama berbulan-bulan.

Inilah salah satu “resiko” bagi seorang blogger di era socmed. Era di mana BLOGGER YANG TERSISA adalah mereka yang benar-benar serius dan punya passion besar dalam hal ngeblog.

Menjadi blogger di era socmed, alhamdulillah rasanya sangat membanggakan. Sebab era blog sudah berlalu, digantikan oleh era socmed yang jauh lebih meriah.

hari_blogger_nasional1

Menjadi blogger di era socmed, rasanya seperti sekumpulan manusia eksklusif, punya kelas tersendiri, bergengsi, dan membanggakan.

Apalagi jika blog pun ternyata bisa jadi sarana mencari rezeki. Ada yang pakai Google Adsense, atau posting berbayar, dan sebagainya. Insya Allah, banyak rezeki yang bisa diraup dengan ngeblog.

Saya memang termasuk orang yang mood-moodan dalam ngeblog. Namun semoga tak pernah benar-benar berhenti menulis di media yang satu ini. Karena ngeblog itu sangat asyik. Apalagi di era socmed seperti sekarang, ngeblog serasa seperti melakukan aktivitas BERKELAS yang membanggakan.

Selamat Hari Blogger Nasional!
27 Oktober 2015

Iklan

7 responses to “Inilah Rasanya Menjadi Blogger di Era Socmed

  1. wah keren om jonru… selamat hari blogger. jadi semangat nih.. 😀

    Disukai oleh 1 orang

  2. Saya juga pernah bikin blog di multiply om jonru. Sekarang saya nulis di pencaricerah.com dan mengalami pasang surut kala menulis.
    Selamat hati blogger nasional juga om, sekali waktu sumbangin tulisan lah buat blog saya hehehe

    Disukai oleh 1 orang

  3. iya Pak, blogging sekarang udah sulit.. 😀

    Suka

  4. wih makin sukses bang Jonru,
    blogger kan dulunya sekedar hobi buat menyalurkan kata2
    sekarang dipenuhi era monetize blog bisa menghasilkan, termasuk saya. Tapi kok seret ya mendapat uang dari blog haha, tapi masih suka juga

    semoga kelak bisa menjadi salah stau netpreuner Indonesia
    sekarang sih malah asik ngembangin toko online nih http://mallonlineindonesia.com/

    Suka

  5. Trennya menurun, tapi insyaaLlah tidak benar-benar mati. Ada sesuatu pada blog, yang tidak bisa didapatkan di facebook atau twitter.

    Salam Pak Jonru.

    Dari Abu Furqan
    (Dulu pengelola blog abufurqan.com, pernah berinteraksi dengan Pak Jonru, sekarang masih aktif mengelola tsaqafah.com dan abufurqan.net)

    Suka

  6. Oh ternyata pakai hosting seperti itu ya, dari segi keamanan perlu diperhatikan juga, jadi mikir lagi beli hosting

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s