Inilah Cara Melaporkan Akun Palsu di Facebook


cara melaporkan akun palsu di Facebook

Bagaimana cara melaporkan akun palsu di Facebook? Banyak orang yang bertanya seperti itu, sebab belakangan ini sering terjadi penipuan di Facebook dengan modus memanfaatkan akun palsu.

Perlu saya jelaskan bahwa akun palsu yang dimaksud di sini adalah akun yang mengatasnamakan orang tertentu, seolah-olah itu asli. Misalnya nih, di Facebook banyak banget akun yang pakai nama saya. Dan banyak teman yang terkecoh, mengira itu akun asli saya. Padahal bukan.

Berita baiknya, sampai saat ini, akun-akun palsu tersebut hanya bertujuan untuk menjelek-jelekkan saya (kalau hanya sebatas ini, saya sih biasanya cuek saja, tak penting untuk dipikirkan atau dibahas). Tidak ada yang sampai melakukan penipuan, seperti meminta uang kepada teman-teman saya. Alhamdulillah. Semoga tidak sampai ada yang seperti itu. Aamiin….

Berita buruknya, ada sejumlah teman yang akun mereka dipalsukan oleh orang jahat, lalu digunakan untuk penipuan. Mereka meminta uang, dan tragisnya banyak yang percaya lantas tertipu.

Berikut adalah penampakan akun palsu mengatasnamakan seorang teman saya – Pak Ustadz Yayat Abu Atqiya – yang mencoba menipu banyak orang dengan cara meminta uang.

cara melaporkan akun palsu di facebook

Karena itu penipuan, tentu kita harus mencegah dan mengatasinya. Salah satu tindakan yang bisa kita lakukan adalah melaporkan akun palsu tersebut ke pihak Facebook.

Berita baiknya, Facebook sangat peduli untuk memberantas akun-akun palsu seperti itu. Saya sendiri nih, sering menemukan akun palsu yang mengatasnamakan saya. Segera saya melaporkannya. Dan hanya dalam hitungan menit, akun tersebut sudah lenyap dari peredaran.

Facebook sangat sergap, cepat dan tangkas dalam menghapus akun-akun palsu, dengan syarat ada yang melaporkannya.

Berita baik berikutnya: Yang melaporkan cukup satu orang saja, tak perlu beramai-ramai. Dan yang melaporkan bisa orang yang akunnya dipalsukan, atau bisa juga temannya. Jadi misalnya Anda punya teman di Facebook bernama A, lantas ada akun palsu yang menyamar sebagai A, maka Anda sebagai teman si A bisa melaporkan akun palsu tersebut.

Bagaimana cara melaporkan akun palsu di facebook?

Berikut saya sampaikan tutorialnya. Namun perlu dipahami bahwa gambar-gambar yang ditampilkan di sini diambil dari layar laptop, dan menu-menunya berbahasa Inggris. Jika Anda berinternet pakai handphone dan menu-menunya berbahasa Indonesia, tak perlu khawatir, karena tampilannya tidak jauh beda, kok. Selama Anda paham bahasa Inggris, insya Allah akan mudah menemukan menu-menu yang sama dalam bahasa lain.

Lanjut ke halaman berikutnya >>

Iklan

7 responses to “Inilah Cara Melaporkan Akun Palsu di Facebook

  1. Wah iya kang modus kaya gini dah banyak dan memang harus perlu di report nih model – model akun kaya gini.

    Suka

  2. orang2 kaya gitu gak perlu di kasihani, banyak juga penipuan di facebook, kaya penjualan handphone online ujung2nya nipu perlu di report klo kaya gitu

    Suka

  3. perlu di report nih klo orang suka nipu di facebook biar di banned sama mark

    Suka

  4. Iya bang aku sudah melaporkan,menghapus,menghack,akun2 PALSU,temen kodok,kl di itung ratusan bang,ane seleksi dl biasanya tuh akun di buwat antara,desember 2015 sampai sekarang,postinganya provokatif,pertemanan cuma puluhan,menyudutkan Islam,memuja2 si kodok

    Suka

  5. MisbąĦul Muŋir

    Om Jonru saya mau bertanya..bagaimana cara mendapatkan gelar verified/centang biru pada halaman facebook.
    Mohon bantuannya.
    Terimah kasih ?

    Disukai oleh 1 orang

  6. apakah setelah kita melaporkan, si pemilik akun palsu akan mendapatkan pemberitahuan orang yang melaporkannya bang…?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s