Perjuangan dalam Mendapatkan Nama @jonru di Telegram Messenger


Telegram Messenger

Saya boleh dikatakan telat dalam menggunakan aplikasi Telegram Messenger. Kalau tak salah sih, saya mulai pakai aplikasi ini sekitar bulan April 2014.

Jadi ketika saya menginstal aplikasinya di handphone dan mendaftar, ternyata username unik saya – @jonru – telah diambil oleh orang lain. Saya pun terpaksa pakai username lain.

Awalnya, saya cuek saja terhadap fakta bahwa username @jonru telah diambil oleh orang lain. Terlebih karena saya perhatikan, akun tersebut berbulan-bulan tidak pernah aktif, mungkin sudah tidak dipakai oleh pemiliknya.

Masalah baru muncul saat saya membuat Channel Resmi di Telegram dan diberi nama @infojonru. Saat memposting artikel di channel tersebut, saya sering menulis kredit “Oleh: @jonru” di bagian atas artikel. Ini sepertinya mengakibatkan banyak orang yang mengklik dan masuk ke username @jonru tersebut, lantas mengira itu punya saya.

Si pemilik akun pun sepertinya memanfaatkan kesempatan ini. Suatu hari, saat iseng-iseng masuk ke akun @jonru tersebut, saya melihat bahwa dia telah menggunakan nama Jonru Ginting, bahkan foto saya dipakai sebagai foto profilnya (sebelumnya, saya lihat akun ini tanpa nama dan tanpa foto).

Untuk mencegah penyalahgunaan akun tersebut yang bisa merugikan saya, maka saya pun segera memposting informasi di Fan Page Jonru dan akun Instagram @jonru, memberitahu para followers saya untuk waspada terhadap akun palsu tersebut.

Telegram Jonru

Kini info pada gambar ini sudah tidak berlaku karena saya sudah berhasil mendapatkan akun jonru tersebut. Penjelasannya bisa dibaca di artikel ini.

Di luar dugaan, ada teman di Fan Page JONRU yang melaporkan bahwa akun palsu tersebut telah beberapa kali meminta sumbangan atas nama saya. WAH GAWAT! Berarti ini sudah mengarah ke penipuan!

Telegram Jonru

Saya jadi panik. Namun sebelum kepanikan berlanjut, alhamdulillah untungnya ada teman lain yang memberitahu bahwa ternyata kita bisa mengklaim username tertentu di Telegram Messenger, dengan syarat kita punya username yang sama pada dua dari tiga media sosial berikut: Facebook, Twitter, Instagram.

Telegram Jonru

Intinya, yang harus kita lakukan adalah mengklik menu Setting pada aplikasi Telegram Messenger, lalu klik menu Ask a Question pada bagian Support. Lalu silahkan tulis saja pesan kita yang berisi permintaan untuk mengklaim username tersebut.

Di bagian bawah artikel ini, saya menampilkan capture seluruh pembicaraan saya dengan customer care Telegram, dengan harapan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Alhamdulillah, pesan saya direspon hanya dalam hitungan beberapa menit. Wah, cepat sekali. Terjadi obrolan seru antara saya dengan admin yang sangat ramah dan baik hati tersebut.

Awalnya, si admin hendak menjadikan username @jonru tersebut sebagai nama akun pribadi saya. Namun saya meminta agar username tersebut dipakai untuk menggantikan nama @infojonru pada Channel Resmi saya. Alasannya: Karena saya ingin punya username pribadi yang hanya diketahui oleh teman-teman terdekat saja. Adapun nama @jonru bisa dipakai untuk Channel Resmi yang terbuka untuk siapa saja. Sebab nama Jonru memang sudah dikenal secara umum.

Si admin pun setuju dan berjanji untuk segera memproses permintaan saya. Namun sebelumnya, dia meminta saya membuat posting khusus di Twitter dan Instagram, untuk membuktikan bahwa akun tersebut memang benar-benar milik saya. Dengan cepat, saya pun segera membuat posting yang diminta, dan bisa dilihat di:

Namun saya sempat jengkel, karena ternyata proses tersebut memakan waktu berhari-hari. Saya bahkan sempat bertanya kapan nama @jonru bisa saya miliki. Si admin malah menjawab, “Maaf, kami tidak bisa memastikan berapa lama prosesnya.” DUH!

Untungnya, ada progress yang cukup menggembirakan: Akun jonru yang palsu tersebut tiba-tiba berubah tampilan seperti ini:

Telegram Jonru

Dugaan saya, mungkin akun tersebut telah dinonaktifkan oleh pihak Telegram, namun username-nya belum diganti. Wallahualam.

SEMBILAN HARI BERLALU, namun permintaan saya belum dikabulkan juga. Akhirnya saya kembali menghubungi si admin, bertanya kapan saya bisa mendapatkan akun @jonru tersebut.

Alhamdulillah, seusai Magrib tanggal 3 Agustus 2016, saya mendapat pesan dari admin Telegram yang isinya sangat menggembirakan:

Sorry for the long wait. We’ve transferred that username. Check it out!

Alhamdulillah, bahagia dan bersyukur banget rasanya. Akhirnya saya bisa mendapatkan username @jonru di Telegram Messenger!

Kini saya punya username yang sama – @jonru – di Twitter, Instagram dan Telegram (Channel). Alhamdulillah!

Jakarta, 3 Agustus 2016
JONRU

* * *

Screenshot Pembicaraan Saya dengan Admin Telegram

(NB: Username admin Telegram seperti yang tertulis pada screenshot, itu hanya RANDOM, jadi saran saya tak ada gunanya menghubungi ke sana. Silahkan lewat menu resmi saja. Klik Setting, lalu klik menu Ask A Question pada bagian Support.)

Telegram Jonru

Telegram Jonru

Telegram Jonru

Telegram Jonru

Telegram Jonru

Telegram Jonru

Telegram Jonru

Iklan

3 responses to “Perjuangan dalam Mendapatkan Nama @jonru di Telegram Messenger

  1. Allhamdulilah mantap bang

    Suka

  2. semangat bang! , semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang akan menerpa

    Suka

  3. Says punya cerita yang hampir sama Om. Walaupun gak se-njlimet punya Om.
    Saya termasuk yang sangat suka punya username sama di akun sosmed. Semua sama om, Fb, Twitter, Instagram, Line, Telegram, WeChat, Skype ahaha.

    Pas yang Telegram sempat hampir putus asa karena akun yang username nya unik itu pake nomor lama yang udah ilang. Kalo Skype juga lupa password dan lupa email nya. Tapi semua sekarang udah fix Alhamdulillah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s