Amanda Todd dan Kekacauan Sebuah Negeri yang Berawal dari Adegan Mesum


amanda todd afi

Video curhat Afi yang ternyata hanya jiplakan, membuat kita mengenal Amanda Todd. Ya, video gadis bule 14 tahun inilah yang ditiru oleh Afi. Namun kali ini, bukan Afi yang hendak saya bahas, namun si Amanda Todd.

Apa yang menarik dari gadis bule ini? Agar lebih jelas, mari simak cerita singkat berikut.

Amanda Todd adalah gadis belia yang cantik. Suatu hari, dia melakukan video call dengan pria yang memintanya untuk memperlihatkan bagian tubuhnya yang paling rahasia. Dan Amanda Todd menurut.

Setahun kemudian, arsip video call ini dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk mempermalukan Amanda di depan publik. Dan inilah awal dari bully demi bully yang dialami olehnya.

Singkat cerita, Amanda tidak kuat menerima semua bully tersebut. Maka dia pun akhirnya bunuh diri.

Kisah yang sangat tragis. Amanda sangat layak dikasihani. Namun secara objektif kita harus mengakui, bahwa semua kisah pilu tersebut berawal dari kecerobohan Amanda sendiri.

amanda todd afi

Nah, inilah poin penting yang hendak saya sampaikan pada tulisan ini:

Di era teknologi informasi yang sangat canggih saat ini, banyak sekali remaja kita yang dengan bodohnya melakukan hal-hal seperti yang dilakukan Amanda Todd. Bisa dengan pacar, atau bahkan dengan orang asing yang baru dikenal. Mereka dengan gampangnya mengumbar aurat pada layanan-layanan sosial media yang menyediakan fitur video call, atau pengiriman foto.

Saat melakukan perbuatan mesum seperti itu, mereka mungkin hanya memikirkan kesenangan sesaat. Sama sekali tidak memikirkan AKIBAT JANGKA PANJANG.

Okelah. Berbuat mesum memang sangat dosa. Tentu kita seharusnya tidak melakukannya.

Namun jika misalnya Anda termasuk orang yang belum kuat untuk menahan godaan mesum, setidaknya janganlah direkam, baik lewat foto, video atau media apapun.

Anda mungkin tidak pernah memikirkan, suatu saat nanti Anda bisa bernasib sama seperti Amanda Todd.

Bahkan, bagaimana jika di masa depan Anda menjadi tokoh nasional, artis papan atas, atau ketua parpol pemenang pemilu?

Coba berguru pada kasus Habib Rizieq. Chatting mesumnya yang cuma hoax pun ternyata menjadi bahan fitnah yang sangat luar biasa bagi beliau. Apalagi jika ternyata video atau foto mesum tersebut memang seratus persen asli.

amanda todd afi

Anda mungkin belum bisa membayangkan, SEANDAINYA di sebuah negeri antah-berantah, ada seorang ketua parpol yang punya aib berupa video mesum dengan seorang pejabat penting. Lalu aib ini dipegang oleh sejumlah konglomerat yang kekayaannya luar biasa. Dengan kekayaannya itu, para konglomerat berhasil menekan si ketua parpol, “Kamu harus mengikuti perintah kami. Dukung si A menjadi raja boneka di negerimu. Dan setelah jadi raja, dia harus menuruti semua kemauan kami. Jika tidak, maka aibmu akan kami bongkar.”

Ya, jangan sewot dulu. Ini bukan cerita di Indonesia. Ini cuma cerita di sebuah negeri antah-berantah.

Namun jika kejadian seperti ini benar-benar nyata, kebayang gak sih gimana akibatnya?

Ya, sebuah negeri bisa menjadi kacau balau, karena diperintah oleh seorang raja boneka yang mengabdi pada konglomerat bejat, dan semuanya berawal dari masa lalu seorang ketua partai yang penuh dengan dunia mesum.

Pengalaman masa lalu seperti yang dialami Amanda Todd, ternyata tidak hanya berakibat buruk bagi diri sendiri, namun juga bisa berakibat buruk bagi seluruh rakyat sebuah negeri.

Apakah ini hanya cerita khayalan yang tak mungkin terjadi di dunia nyata? Silahkan, Anda pasti cukup cerdas untuk menyimpulkan.

Yang jelas, izinkan saya mengulang lagi pesan moralnya:
Berbuat mesum memang sangat berdosa, seharusnya kita tidak melakukannya. Namun jika Anda belum berhasil menahan godaannya, maka setidaknya janganlah direkam, baik lewat foto, video, atau apapun itu.

Demi masa depan Anda sendiri. Atau mungkin masa depan negeri Anda.

Jakarta, 11 Juli 2017
Jonru Ginting

NB: Yuk JOIN dengan Channel Resmi Jonru di Telegram. Cari username @jonruginting atau klik saja https://t.me/jonruginting.

Iklan

4 responses to “Amanda Todd dan Kekacauan Sebuah Negeri yang Berawal dari Adegan Mesum

  1. Diberikannya ruang megah dan panggung gemerlap bagi si plagiat bukan hanya kesamaan karakter antara si “artis” dan si “EO”, tapi ke goblok an si EO, karena mereka pikir moment ini sangat tepat ketika si EO Merasa Powerless saat menghadapi situasi yang sangat menyudutkannya, bravo Bang Jonru.

    Suka

  2. Amanda setelah curhat bunuh diri, kalo afi kelanjutannya gimana yh bang? ? ?

    Suka

  3. Tulisan-tulisan bang Jonru pancen oyeeee.. Mengandung pesan yg sangat dalam terutama buat remaja dan negara khususnya, terima kasih bang Jonru!

    Suka

  4. Dodi Noprialdi

    mantap mas jonru ,,,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s