Ustad Abdul Somad, Ternyata Seperti Inilah Aslinya!


ustad abdul somad

Ustadz Abdul Somad, tiba-tiba namanya terkenal di media sosial. Video-video ceramahnya tersebar di mana-mana, di-share oleh banyak orang. Saya pun awalnya heran, kenapa banyak banget orang yang mengidolakan beliau? Siapa sebenarnya dia?

Semula saya mencoba cuek saja, belum tertarik sama sekali untuk cari tahu. Namun karena perbincangan tentang beliau makin gencar, bahkan teman-teman terdekat pun ikut membicarakannya, maka akhirnya saya menyerah. Saya coba simak video-video ceramahnya.

Setelah itu, tiba-tiba saya kaget, terperangah, terperanjat (halah!), karena menemukan 7 fakta mengenai Ustad Abdul Somad. Anda perlu menyimak ini, supaya tahu siapa beliau sebenarnya. Supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Berikut ke-7 fakta tersebut. Setidaknya inilah fakta versi On The Spot… eh… versi Jonru Ginting 🙂

1. Ustadz Abdul Somad adalah tokoh lokal dari Riau yang menjadi terkenal se-Indonesia karena banyak video ceramahnya yang viral.

2. Beliau asli Ustadz, sudah S2 di bidang agama, lulusan Al Azhar Kairo dan S2 di Maroko pula. Jadi dari segi ilmu, beliau sangat berkompeten.

3. Beliau adalah “hasil kawin silang” antara ustadz lucu dan ustadz berkualitas. Selama ini kedua jenis ustadz tersebut seperti air dan minyak. Tak mungkin bersatu.

Namun Ustadz Abdul Somad berhasil mengawinkan keduanya. Ceramah-ceramah beliau selain “bergizi tinggi”, juga enak didengar, dan porsi lucunya pun sewajarnya saja. Tidak berlebihan.

4. Gayanya sangat sederhana.

5. Beliau bukan tipe ustaz kharismatik. Masyarakat menghormati beliau karena ilmunya, bukan karena kharismanya.

6. Beliau juga bukan tipe ustadz stereotif (maksudnya kelihatan banget gayanya seperti ustadz pada umumnya). Gaya beliau biasa saja. Seperti orang kebanyakan.

Mendengar ceramah beliau, kita seperti mendengar ucapan orang biasa yang kebetulan pintar di bidang agama.

7. Banyak yang menyebut ustadz Abdul Somad sebagai pengganti K.H. Zainuddin MZ. Dari segi popularitas bolehlah. Namun dari segi karakter, keduanya sangat jauh berbeda.

KH Zainuddin MZ itu kharismatik, stereotif, dan lebih cocok tampil di acara tabligh akbar. Sementara ustadz Abdul somad tidak kharismatik, tidak stereotif, dan lebih cocok tampil di acara-acara kajian yang terbatas.

ustad abdul somad

Dan alhamdulillah, beliau beruntung hidup di era sosmed, yang menyebabkan ceramah-ceramah beliau yang kebanyakan berskala lokal pun akhirnya bisa dinikmati oleh umat Islam se-Indonesia.

Kenapa banyak orang yang suka men-share video-video ceramah ustadz Abdul Somad? Tentu saja karena mereka suka. Kenapa mereka suka? Menurut saya, karena ke-7 faktor di atas. Tak perlu lagi saya bahas satu-persatu, kan?

Yang jelas, Ustadz Abdul Somad ini unik banget. Sederhana, apa adanya, namun “penuh gizi” sekaligus menghibur. Keren luar biasa!

Karena itu, jika Anda belum nonton video ceramah ustadz Abdul Somad, buruan tonton sekarang juga. Jangan sampai menyesal.

Alhamdulillah, kita sebagai umat Islam Indonesia perlu bersyukur karena memiliki seorang ulama seperti ustad Abdul Somad.

Dan saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada teman-teman yang selama ini menshare video-video ceramah ustadz Abdul somad. Semoga share-share Anda menjadi amal jariah yang pahalanya terus mengalir hingga akhirat kelak. Aamiin….

Jakarta, 18 Agustus 2017
Jonru Ginting

NB: YUK JOIN dengan Channel Resmi Jonru di Telegram. Cari saja username @JonruGinting atau klik saja https://t.me/jonruginting.

Iklan

31 responses to “Ustad Abdul Somad, Ternyata Seperti Inilah Aslinya!

  1. menurut saya ceramah ceramah beliau mudah untuk di pahami isinya dan memang beliau ini cerdas banget jadi saya nggak pernah bosen tuh tiap liat ceramah ceramahnya di youtube

    Suka

  2. Bang Junro maaf mau saran ” Galang dana bantuan untuk para Pejuangn kemerdekaan yang sudah Sepu, tidak mampu seperti yg minta2, pedagang dll” sekarangn Photo lagi banyak berseliweran di media sosial. Semoga Bang Junro berkenan.Terima kasih

    Suka

  3. Menurut saya yg beruntung justru ummat islam di indonesia dengan adanya internet,dapat menyerap ilmu yg disampaikan Ustadz Abd.Somad..secara luas..

    Karena beliau bukan type orang yg haus popularitas,sy mengatakan ini karena saya tinggal di pekanbaru Riau..

    Beliau orang yg bersahaja sekali,tawadhu’ dan rendah hati,beliau memiliki wawasan yg luas selain ilmu Agama,hafalan yg kuat,.

    Beliau juga yg merintis Da’wah secara terbuka,tdk ekslusif..menjabarkan hukum Islam dari berbagai Madzhab..tidak menggiring kepada satu pemahaman..
    Tetapi karena itu pulalah beliau di hujat,difitnah,,oleh yg extrim kanan dan extrim kiri..

    Saya menilai beliau pendakwah yg punya kelebihan khusus…seperti syekh ahmed deedat yg ahli perbandingan agama meninggal dunia..lalu ad penggantinya syekh zakir Naik..

    Tapi menganggap Syekh Abd Somad pengganti KH.Zainuddin MZ..sepertinya kurang pas..selain suara yg besar saja yg sama..

    Di pekanbaru banyak dibuat acara tabligh Akbar..kalau sdh beliau yg menjadi penceramah ribuan jemaah berkumpul dari seluruh pelosok berdatangan,dari kabupaten ,kecamatan,dan desa yg jauh..

    Tetapi beliau justru mengatakan jgn terlalu sering dibuat tabligh akbar,lebih baik dibuat pengajian yg terprogram,bersilabus,lebih bermakna dan lebih dapat di serap otak..

    Beliau juga terbuka untuk debat..tetapi tdk ada yg berani berdebat dengan beliau..karena pemahaman ilmu agama ,hafalan yg kuat,dan wawasan yg luas,beliau aktif menulis buku…
    Hari2 nya di isi dengan hal yg bermanfa’at..

    Hanya satu saja beliau blum punya pesantren skolah,yayasan,,sehingga ilmu yg beliau miliki belum maksimal dapat di bagikan kepada generasi muda selanjutnya..
    Terimakasih..

    Jamal

    Suka

  4. Bang Jonru memang pintar bikin judu, emang trafiker hebat bang 😀 Btw saya jadi penasaran nih!

    Suka

  5. Ustadz Adi Hidayat dibahas dong. Beliau kharismatik karena akhlaknya yang karimah.

    Suka

  6. Ustad abdul Shomad emang keren, asal sumatera bang, melayu Riau nya khas kali, selama ini kan selalu dari Jawa, mantaaaaap

    Suka

  7. Ps : maunya bang Ginting to the poin kan juga, fokus nonton vidio nya, jangan di fb atau sosmed lain, kalo ga salah Beliau pernah berpesan yg real akun vidio nya langsung dari fb: ustadzbdulshomad atau dari tv mesjid raya pekanbaru itu loh bang sama blog abdulshomadmaroko apa gitu, jadi kalo ada yg kitab kuning aswaja dsb dsb, itu ga dibawah naungan beliau, kan sayang juga kalo vidionya dimanfaatin orang lain buat pribadi semata. Hehe semangaaaat, makasih bang

    Suka

  8. Mudah dimengerti dari apa yg disampaikan..
    Luar biasa..

    Suka

  9. Hehhe.. luar biasa

    Suka

  10. Kalo saya suka suka karena beliau mampu berada ditengah-tengah dalam dakwahnya (washatiyah), itu mampu meredakan konflik khilafiyah yang mengakar di tengah2 ummat sejak lama.

    Suka

  11. Asli Islam yang di sampaikan

    Suka

  12. Kebanggaan Riau dan Melayu

    Suka

  13. Jangan lewatkan salah satu ceramah Ust Abdul Somad Lc MA di kediaman Ust Solmed ini : https://youtu.be/IFyBnZkoTkM

    Suka

  14. Ustad Abdul Somad memang mantap dari segi keilmuannya. Masya Allah.

    Suka

  15. Selama ini dengarken ceramah beliau di yutub alhamdulillah adem

    Suka

  16. Salut buat ustadz abdul somad. Ada lagi ustadz yg penuh dengan ilmu agama dan gaya bicaranya sangat indah dan menyentuh alam pikiran orang awam sekalipun yg mendengarkannya. Beliau adalah ustadz adi hidayat yg sama-sama menimba ilmu agama di luar negeri yaitu libanon, mesir, mekkah dan madinah, pakistan dan india.

    Suka

  17. Setuju!!
    8. Dia bisa memberikan penjelasan dan dalil terhadap semua amal2 khilafiah dikalangan masyarakat dengan baik dan tanpa menyalahkan dan menyinggung suatu aliran.
    Oleh karenanya, beliau diterima dan diundang ceramah oleh jamaah tabligh, NU, Muhammadiyah dll

    Suka

  18. Mantap saudaraku…semoga ulasan antum yang bernilai positif mendapatkan berkah dari Allah Subhanawata’ala.aamiin,

    Suka

  19. Setahu sy,ustadz Somad adalah seorang beraliran sufi,bukan aswaja…krn dia pernah berbaiat kepada salah satu tarekat sufi yg ada… (tarekat apa itu sy lupa)… http://www.islamarticles.net

    Suka

  20. غبد الله

    Alhamdulillah syukur kita kepada Allah, semoga Allah berkati dan limpahkan rahmatNya kepada kita umat nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam dengan menjaga para ulama pewaris nabi, ustaz kita Abdul Somad dan para dai lainnya dalam berdakwan mengemban misi risalah yang mulia di tanah air kita tercinta Indonesia yang sudah mardeka ke 72 tahun lamanya dapat menjad andil nyata mengisi kemerdekaan dalam membangun jiwa anak bangsa ini agar manjadi sukses hidupnya dunia dan akhirat. آمين

    Suka

  21. Wahyu Kristanto

    Saya suka semua ceramah-ceramah ustadz Somad, kecuali yang menyinggung wahabi di dalamnya.

    Suka

  22. Ulasan Jonru TOP

    Suka

  23. Ping-balik: Ustad Abdul Somad, Ternyata Seperti Inilah Aslinya! | Dede Syamsul Ma'arif Al-Bantany

  24. Patah tumbuh hilang berganti, qt kehilngan ustadz Zainuddin MZ, ustadz Uje, kini ada ustadz Abdul Samad, ustadz Adi Hidayat, ustadz Nur.. .Alhamdulillah ya Allah.

    Suka

  25. mantap ya ternyata

    Suka

  26. saya suka banget sama ini ustadz

    Suka

  27. heggyanggra@gmail.com

    alhamdulllah saya pernah liat langsung ust badul somad ceramah di batam tgl 24-8 2017,,alhamdulillah juga saya duduk di paling dpan berhadapan pas ceramah dengan ust abdul somad,gaya nya sangat sederhana,seperti bukan penceramah,,liat mukanya adem.,ceramahnya membangkitkan saya supaya sya lebih dekat dengan allah swt,,,semoga ust abdul somad di beri kesehatan dan dijauhkan dari fitnah,,,dan setelah sempat selesai ceramah bisa bersalaman dengan ust,,,

    Suka

  28. Betul bang Jonru, beliaulah yang menurut saya ustadz dengan sanad keilmuan yang mumpuni zaman sekarang.

    Bukan Ustadz abal abal yg suka memcah belah umat.. Sehat terus Ustadz Abdul Somad..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s